Senin, 02 Januari 2012

Memudarnya Rasa Sikap Bertanggung Jawab


Setiap perbuatan dan tugas-tugas yang di terima oleh setiap manusia harus di iringi oleh rasa bertanggung jawabnya. Semakin besar tugas yang diterima maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus di pikulnya. Tetapi saat ini justru orang-orang yang memiliki rasa tanggung jawab semakin sedikit.

Contohnya saja seperti, ketika murid-murid diberikan tugas oleh gurunya pasti sebagian besar dari murid-murid itu banyak yang tidak mengerjakan tugasnya dan hanya mengandalkan temannya saja (mencontek). Contoh lainnya seperti banyaknya anggota PNS yang tidak masuk kerja tanpa keterangan (bolos kerja) setelah libur menyambut tahun baru, disini terlihat bahwa rasa tanggung jawab semakin memudar bahkan hampir hilang dan sikap seperti itulah yang  sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Mereka bisa seperti itu karena sudah terbiasa.

Bagaimana nasib bangsa kita kalau sejak kecil sudah tidak bisa bertanggung jawab atas dirinya? Sikap seperti inilah yang akan mendarah daging dan sulit untuk dihilangkan. Jika kita menginginkan bangsa yang unggul, cerdas, berprestasi, dan memiliki rasa bertanggung jawab yang tinggi maka mulai dari sejak kecil harus sudah kita tanamkan sikap rasa bertanggung jawab. Dengan itulah bangsa kita pasti jauh lebih baik.

Jangan jadikan rasa bertanggung jawab itu menjadi suatu beban yang sangat berat untuk kita, jalani saja semua tanggung jawab itu dengan hati yang ikhlas dan hati yang senang. Pasti semuanya akan terasa lebih ringan.
Karena rasa bertanggung jawab merupakan kunci kesuksesan dan keberhasilan dalam hidup kita.

By : Lidya Amanda Dhita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar