Selasa, 03 Januari 2012

Hukum Untuk Siapa?


Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi banyak masalah yang berkaitan dengan hukum. Mulai dari masyarakat yang memiki jabatan dalam negara maupun masyarakat yang biasa saja. Tetapi kenapa justru hukum dinegara ini belum terlihat adil? Apakah dinegara ini masih berpendapat bahwa yang kuat dan berkuasa yang dilindungi hukum?

Para penegak hukum sepatutnya dapat membuktikan setiap perbuatan manusia yang disangkakan kepadanya. Jangan sekali-kali memaksakan hukum, hanya untuk kepuasan, dan kepentingan satu golongan ataupun politik saja. Para hakim harus berani membebaskan manusia yang tidak bersalah sekalipun mendapatkan tekanan, sogokan maupun ancaman. Jaksa pun juga harus berani memutuskan keputusan yang seadil-adilnya, bijaksana dan tidak memandang bulu. Dengan itu hukum dinegara ini akan selalu terjaga citranya dan kewibawaannya.

Banyak saat ini orang-orang yang memperjuangkan agar negara Indonesia patuh terhadap hukum, sebagai negara hukum bukan sebagai negara kekuasaan. Dan selalu mengedepankan hukum yang seadil-adilnya.

Oleh karena itu, negara harus menindak kekuasaan yang ilegal tanpa pandang bulu, sehingga bangsa Indonesia bisa menjadi negara hukum yang lebih baik dan disegani oleh masyarakatnya.


By : Lidya Amanda Dhita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar