Senin, 02 Januari 2012

Kurangnya Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan


Saat ini kondisi bumi kita sudah semakin tua ditambah lagi dengan munculnya gejala pemanasan global, dimana berdampak sangat buruk terhadap bumi kita. Akhir-akhir inipun kita sering mendengar berita tentang cuaca ekstrem, bencana banjir, tanah longsor, badai dan angin topan, menipisnya lapisan ozon karena polusi udara yang meningkat, bahkan ada berita tentang mencairnya lapisan es/gletser di daerah kutub utara yang mengakibatkan air permukaan laut meningkat dan dapat menenggelamkan bumi ini. Apakah kita sebagai umat manusia yang mempunyai tugas untuk menjaga dan melestarikan lingkungan tidak tergerak sedikitpun hatinya mendengar berita-berita itu? Kenapa masih banyak manusia yang tega merusak lingkungan? Apakah harus mendapatkan teguran yang lebih besar dulu dari Tuhan, baru kita bisa sadar dan menyesali semua perbuatan kita? Padahal saat ini  hampir setiap hari ada saja bencana yang menimpa bumi ini.

Disamping banyaknya orang-orang yang kurang peduli, tapi masih ada diantara kita orang-orang yang peduli terhadap keselamatan bumi ini. Mereka melakukan berbagai kegiatan seperti menggalangkan kegiatan menanam pohon secara massal, mendaur ulang barang-barang bekas yang sulit terurai menjadi barang yang jauh lebih berguna, dan lain-lain.

Kita seharusnya bangga masih ada orang-orang yang peduli seperti mereka, malah bukan bersikap acuh dan tidak peduli. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang harus melestarikan lingkungan ini? Karena kita semua saling membutuhkan.

Ada beberapa cara untuk mengurangi dampak pemanasan global, seperti :
·         Jangan menebang hutan secara liar, tapi lakukan dengan sistem tebang pilih tanam.
·         Kurangi produksi gas-gas rumah kaca dan penggunaan AC yang terus menerus.
·   Melakukan penghijauan di lingkungan sekitar, karena setiap satu pohon yang kita tanam bergantung banyak kehidupan.
·         Jangan buang sampah sembarangan.
·         Daur ulang barang-barang yang sulit terurai sendiri.
·         Membatasi pemakaian kendaraan bermotor dan kurangi polusi dengan bersepeda setiap hari.
·         Jangan melakukan pembukaan lahan secara berlebihan.

Kini saatnya kita semua berpartisipasi secara aktif untuk menjaga dan melestarikan bumi yang telah memberikan kehidupan untuk kita, karena bumi ini hanya satu marilah kita menjaganya dan tidak mengotorinya karena hal itu hanya akan mendatangkan bencana untuk kita semua termasuk anak cucu kita kelak.

Maka lakukan dari sekarang juga atau kita terima akibatnya!



By : Lidya Amanda Dhita

1 komentar:

  1. hal tersebut terjadi karena masyarakat kurang paham betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan


    # tolong komen balik

    BalasHapus