Rabu, 19 Maret 2014

Artikel 1

PENGERTIAN PSIKOTERAPI


Psikoterapi berasal dari kata "psyche" yang berarti jiwa dan "therapy"yang berarti merawat, mengobati atau menyembuhkan.


Berikut adalah beberapa pengertian dari psikoterapi, yaitu :

  • Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang.

  • Psikoterapi adalah pengobatan alam pikiran atau lebih tepatnya pengobatan dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis. Istilah ini mencakup berbagai teknik yang bertujuan untuk membantu individu dalam mengatasi gangguan emosionalnya dengan cara memodifikasi perilaku, pikiran dan emosinya.

  • Psikoterapi adalah proses difokuskan untuk membantu anda menyembuhkan dan konstruktif belajar lebih banyak bagaimana cara untuk menangani masalah atau isu-isu dalam kehidupan anda.

  • Psikoterapi adalah suatu alat untuk menyisihkan ganjalan batin yang mengurangi kemampuan kepribadiannya, sehingga dia dapat menjadi alat yang baik dan seefektif mungkin.

  • Psikoterapi adalah penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan-kesulitan penyesuaian diri setiap hari.



Sumber :




Clinebell, H. J. Tipe-Tipe Dasar Pendampingan Konseling Pastoral.


Chaplin J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi (Penerjemah Dr. Kartini Kartono). Jakarta: Rajawali Pers

1 komentar: