Kamis, 24 Oktober 2013

PSIKOLOGI MANAJEMEN
A.  Pengertian Psikologi Manajemen
·      Pengertian Psikologi
Psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti imu. Jadi psikologi dapar diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau kejiwaan. Psikologi juga dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.
·      Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu menagement yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Hakikat manajemen adalah proses pemberian bimbingan, pimpinan, pengaturan, pengendalian pengelolaan, kepemimpinan, ketatalaksanaan yang merupakan proses kegairahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
·      Pengertian Psikologi Manajemen
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
Sejak zaman revolusi industri, tiga modal kerja yang utama adalah sumber daya alam, sumber daya uang, dan sumber daya manusia, dan ilmu manajemen pun berkisar pada upaya untuk mengoptimalkan kinerja antara ketiga modal kerja itu. Dan dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur sumber daya manusia ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun. Karena, ilmu psikologi yang memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja sumber daya manusia yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan. Kegiatan intervensi (yang bertujuan untuk "mengolah" manusia) inilah yang menjadi titik tolak dari kajian ilmu psikologi manajemen. Hal ini bertujuan agar seluruh karyawan atau sumber daya manusia dari suatu organisasi/perusahaan mengerti betul akan tugasnya, mampu memberikan informasi kepada pelanggan atau rekan sekerjanya, dan pada akhirnya membuat karyawan itu senang pada pekerjaan dan perusahaannya.
B.  Manfaat Psikologi Manajemen
1.       Untuk mendapatkan pemecahan bagi masalah-masalah yang penting berkenaan dengan penggunaan tenaga manusia di dalam proses manajemen.
2.      Agar dunia manajemen mampu menggunakan prosedur-prosedur yang lebih relevan / tepat untuk memecahkan masalah-masalah human (kemanusiaan).
Sumber :
Sumber Gambar :


ORGANISASI
A.          Pengertian Organisasi
Organisasi berasal dari bahasa yunani yaitu organon, yang berarti alat. Jadi organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam berbagai bidang ilmu, kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi, perilaku organisasi atau analisis organisasi.
Pengertian organisasi menurut para ahli, yaitu :
·      Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
·      James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·      Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·      Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
B.          Karakteristik Organisasi
-         Orang – orang
-         Tujuan
-         Struktur
C.          Asas – Asas Organisasi
-         Struktur
-         Departemenisasi
-         Pencapaian tujuan
-         Kerjasama
-         Hierarki wewenang dan tanggung jawab
-         Sentralisasi dan desentralisasi
-         Pembagian kerja atau divisi
-         Kejelasan tugas
-         Rentang kendali
-         Effektifitas
-         Efisiensi
D.         Jenis – jenis Organisasi
-         Organisasi lini atau garis
-         Organisasi lini dan staff
-         Organisasi fungsional
-         Organisasi panitia atau tim kerja
E.           Bentuk - bentuk Organisasi
Sumber :
Sriatmi, Ayun. Organisasi & Manajemen. Program Magister Epidemiologi.
Universitas Diponegoro.pdf
Sumber Gambar :

KOMUNIKASI
A.  Pengertian Komunikasi
Pengertian komunikasi menurut beberapa ahli, yaitu :
1.       Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
2.      Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.
3.      Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
4.     Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
5.      New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
6.     Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
7.     Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
8.     William J. Seller
Komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
B.  Dimensi – Dimensi Komunikasi
Dimensi komunikasi terdiri dari :
·         Isi                             :
apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau bahkan lebih.
·         Kebisingan    :
tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.
·         Jaringan         :
sampai sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukkan komunikasi diantaranya ada komunikasi yang bergantung  pada (jaringan satelit).
·         Arah               :
Komunikasi terdiri dari 2 macam arah, yaitu :
-     1 arah adalah yang hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih.
-     2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi tiktok untuk menyampaikan beberapa informasi.
Sumber :
Sumber Gambar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar