Senin, 07 Oktober 2013

Biografiku

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Inilah biografiku..
20 tahun yang lalu aku terlahir kedunia dan diberi nama oleh kedua orang tuaku Lidya Amanda Dhita. Tetapi teman-teman biasa memanggilku Lidya, sedangkan dirumah aku dipanggil dengan sebutan mbak iya. Aku perempuan kelahiran Jakarta, 10 Januari 1993. Ayahku yang bernama Suyud Frahmana adalah seorang karyawan swasta sedangkan ibuku yang bernama Ani Handayanti adalah seorang ibu rumah tangga yang sekaligus membuka usaha butik kecil-kecilan dirumah. Aku ini anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak laki-lakiku bernama Adhitya Ardi Nugraha yang sudah lulus dari Universitas Gunadarma dan saat ini sedang belajar berwirausaha, sedangkan adik perempuanku yang bernama Linda Dhena Puspita saat ini baru memasuki jenjang perkuliahan di IISIP Jakarta.
Dalam kehidupanku, aku tumbuh dan besar dikeluarga yang biasa-biasa saja dan berkembang sesuai perkembangan anak-anak yang sewajarnya. Kedua orangtuaku sangat memperhatikan, menyayangiku dengan sangat hebat. Tetapi kehidupan ini penuh hal-hal yang membuat senang, sedih, sakit, kecewa atau yang lain. Hal yang membuatku senang dan bahagia itu saat banyak orang yang menyayangiku, menghargaiku, mensupportku  dengan tulus, tetapi hal yang paling membuatku kecewa atau sakit hati saat ada yang bohong atau ingkar janji denganku apalagi kalau melukai hati ibuku.
Dirumah aku seorang anak yang sangat dekat sekali dengan ibu, jauh sedikit dengannya rasanya sedih dan takut. Walaupun aku dengan kedua saudaraku sering bertengakr, tetapi aku sangat menyayanginya. Aku juga seorang anak yang moody, gampang senang tapi seketika mudah marah. Tapi aku bertanggungjawab dengan apa yang sudah diberikan atau diamanahkan padaku. Tentang hobiku sendiri, sebenarnya banyak sekali kesukaanku seperti memasak, makan, mendengarkan musik dan membantu ibu juga, pokoknya aku sangat merasa nyaman saat berada dirumah bersama ibuku.
Mengenai pendidikanku, pertama kali aku dimasukkan di sebuah taman kanak-kanak yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah yaitu di Tk Rosari sekitar umur 5 tahun. Saat itu aku seorang anak yang pendiam, tidak mudah bersosialisasi, dan lebih senang untuk bermain sendiri. Dan hal yang sempat membuat orang tuaku khawatir saat aku mendapat nilai bagus, dapat banyak bintang dan juga dapat juara kelas responku itu hanya diam dan sedikit tersenyum. Tidak ada raut wajah ungkapan rasa senang, bangga atau gembira dari wajahku padahal anak-anak yang lain sangat senang saat mendapatkan itu semua. Setelah naik tingkat ke pendidikan sekolah dasar, aku dimasukkan di SDN pejaten timur 01 pagi saat usia 6 tahun. Disanalah aku mulai bersosialisasi dengan teman-teman, dan menemukan 2 orang sahabat yang baik yaitu Nadia dan Hani. Tapi hal yang paling menyebalkan saat SD itu badanku kurus banget, sampai aku di panggil dengan sebutan “lidi” yang tidak jauh dari namaku “Lidya”. Tapi karena itu semua, aku mulai sadar dan harus berusaha gak kurus lagi. Setelah berjalan selama 6 tahun lamanya, akhirnya aku lulus SD di sekitar tahun 2005 dan alhamdulillah lulus dengan nilai yang lumayan memuaskan. Setelah itu aku melanjutkan ke SMPN 239 Jakarta, disana aku menemukan berbagai macam karakter dari teman-teman. Dari yang tulus berteman denganku, sampai yang hanya sekedar berteman saja. Tapi aku punya seorang teman yang sangat baik, dan sudah menjadi sahabat ku juga yaitu Fitri. 3 tahun berlalu, sekitar tahun 2008 aku lulus SMP,  walaupun aku tidak bisa lolos masuk SMAN akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan ke SMA swasta yaitu di SMA Bunda Kandung. Dimasa ini aku mulai bisa beradptasi, mulai bersosialisasi dan lebih membuka diri. Banyak kenangan saat masa-masa di SMA, mulai dari guru-guru, teman-teman bahkan suasana disekolah itu dan pertama kalinya aku jatuh cinta. Setelah 3 tahun beselang, aku lulus ditahun 2011 dan berencana masuk PTN tetapi Allah SWT mempunyai rencana lain yang pastinya terbaik untukku. Sudah berkali-kali mengikuti tes masuk PTN tapi tidak ada satupun yang berhasil. Kecewa.. tapi itu semua dapat aku lewati karena orang-orang disekitarku yang selalu mensupport aku dan memotivasi aku. Akhirnya setelah pikir cukup panjang dan matang-matang aku memutuskan untuk meneruskan ke perguruan tinggi swasta yaitu di Universitas Gunadarma. Aku masuk di PTS tersebut dengan mengambil fakultas psikologi dan saat ini aku sudah memasuki semester 5. Alhamdulillah sudah lebih dari 2 tahun ini semuanya berjalan lancar, dan aku berharap sampai semester terakhir akan berjalan dengan lancar sekaligus dapat menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu sehingga segera mendapat gelar sarjana psikologi.. Amin yaa Rabbal Alamin
Sama halnya seperti yang lain, waktu aku kecil aku mempunyai cita-cita yaitu menjadi seorang polisi wanita, karena dulu aku menganggap sangat keren sekali seorang wanita yang bisa menjadi polisi ditambah lagi almarhum kakekku dulunya seorang polisi juga. Tapi itu semua sirna karena aku tau aku tidak mungkin bisa lolos karena tes-tesnya begitu berat. Mulai remaja aku bercita-cita menjadi seorang guru, seorang chef dan seorang wirausaha. Tapi setelah lulus SMA dan masuk fakultas psikologi, aku punya cita-cita baru yaitu menjadi seorang psikolog yang bisa berguna untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan dan negara ini. Disamping menjadi psikolog, aku ingin berwirausaha dan juga bisa membahagiakan kedua orangtuaku. Tapi disamping itu semua ada satu cita-cita yang kelak ingin terwujud juga yaitu menjadi seorang istri dan ibu yang sholehah serta memiliki keluarga yang sakinnah, mawaddah dan warrahmah.   
Sekilas bigrafiku, masih panjang hari-hari yang harus kujalani untuk mencapai itu semua. Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar dan diridhoi oleh Allah SWT.. Aminnnn

Lidya Amanda Dhita

18511190 / 3PA01

2 komentar:

  1. Mbak Iya..., apakah bapak dulu sekolah di SMAN 8 Jakarta ?
    Kalau memang betul, sampaikan salam saya ke bapak.
    Saya Nurseto, sobat bapak di SMA.
    Mohon bapak bisa menghubungi saya di 0811818735.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Pak Nurseto. Saya linda adik dari Mba Iya.
      Mba Iya 3 Juni kemarin baru saja berpulang ke rahmatullah. Begitu pula dgn ayah kami Pak Suyud, beliau jg sudah wafat sejak 16 Juni 2018. Mohon doanya untuk almarhum dan almarhumah🙏
      Betul pak, dulu bapak jg alumni SMA 8. Terima kasih ya pak Nurseto masih mengingat Pak Suyud sbg teman yg baik.
      Sehat selalu untuk untuk Pak Nurseto beserta keluarga :)

      Hapus