Kamis, 21 Maret 2013

Kesehatan Mental "Tulisan 3"


Penyesuaian Diri dan Pertumbuhan

Apakah kita dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya? Bagaimana cara kita menyesuaikan diri dengan lingkungan? 

Penyesuaian diri adalah bagaimana kita mampu beradaptasi dan bertindak dengan baik dan normal sesuai dengan lingkungan.

Penyesuaian diri menurut Schneider (Patosuwido, 1993) merupakan kemampuan untuk mengatasi kebutuhan, frustasi, dan kemampuan untuk mengembangkan mekanisme psikologi yang tepat. Sedangkan menurut Sawrey dan Telford (Colhoun & Acocella, 1990) penyesuaian diri merupakan interaksi terus-menerus antara individu dengan lingkungannya yang melibatkan system behavioural, kognisi, dan emosional.

Ciri-ciri penyesuaian diri yang efektif, seperti :
  1. Memiliki persepsi yang akurat terhadap realita.
  2. Memiliki kemampuan untukberadaptasi dengan tekanan, stress, ataupun kecemasan.
  3. Memiliki gambaran diri yang positif tentang dirinya.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengekspresikan perasaannya.
  5. Memiliki kemampuan relasi interpersonal yang baik.

Sehingga individu yang memiliki ciri-ciri tersebut digolongkan kedalam individu yang memiliki kesehatan mental yang positif.

Penyesuaian diri memiliki 2 aspek, yakni :
  • Penyesuaian Pribadi

Penyesuaian pribadi yaitu individu yang mampu menerima dirinya sendiri mulai dari kelebihan maupun kekurangan yang ada dalam dirinya, sehingga tercapai hubungan yang harmonis antara dirinya dengan lingkungan sekitar.
  • Penyesuaian Sosial

Penyesuaian sosial merupakan proses dimana saling berinteraksi dan saling mempengaruhi antar individu. Proses penyesuaian sosial terjadi di lingkup tempat individu tersebut tinggal dan berinteraksi dengan orang lain.

Dalam proses penyesuaian sosial, individu mulai berkenalan dengan kaidah-kaidah dan peraturan-peraturan lalu mematuhinya sehingga terbentuk pembentukkan jiwa sosial pada dirinya dan menjadi pola tingkah laku kelompok yang menjadi penyesuaian sosial untuk menahan dan mengendalikan diri.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri
  • Lingkungan Keluarga

Dalam keluarga kita diajarkan bagaimana kita berinteraksi dengan anggota keluarga, seperti orang tua dan saudara kita. Dan keluarga lah tempat pembentukan karakter individu dan penyesuaian diri pertama kali.
  • Lingkungan Teman Sebaya

Lingkungan teman sebaya sangat menentukan bagaimana seorang individu menyesuaikan dan menempatkan dirinya sesuai dengan keadaan. Seseorang yang dapat menyesuaikan diri dengan baik didalam lingkungan teman sebaya maka individu tersebut dapat dikatakan memiliki mental yang sehat dan baik.


Pertumbuhan Personal

Gambar diatas menunjukkan pertumbuhan seorang individu.

Manusia mengalami yang namanya proses tumbuh dan berkembang. Semenjak lahir sampai tua, kita mengalami pertumbuhan. Sebagai manusia yang normal dan sehat, akan mengalami proses pertumbuhan yang normal pula.

Pertumbuhan sendiri adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses-proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal yang sehat pada waktu yang normal.

Setiap individu mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda. Sehingga mempengaruhi seseorang dalam proses menyesuaikan diri.

Menurut Carl Rogers, 3 aspek yang memfasilitasi pertumbuhan personal dalam suatu hubungan adalah :
  1. Keikhlasan kemampuan untuk menyadari perasaan sendiri dan kenyataan.
  2. Menghormati keterpisahan dari orang lain tanpa kecuali.
  3. Keinginan yang terus-menerus untuk memahami atau berempati terhadap orang lain.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Personal :
  1. Faktor biologis
  2. Faktor geografis
  3. Faktor budaya

Sumber :



Sumber Gambar :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar