Selasa, 30 Oktober 2012

Apa dan Seberapa Pentingkah Netiquette?



Mungkin kita sering mengabaikan kata yang satu ini. Ya Netiquette, yang merupakan etika dalam menggunakan Internet. Internet yang saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat di dunia dimana menjadi sebuah kumpulan komunitas-komunitas dimana sangat diperlukan aturan-aturan didalamnya untuk menjadi acuan orang-orang dalam menggunakan Internet dan aturan-aturan itu semua menyangkut batasan dan cara-cara yang baik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Ada beberapa aturan pada Netiquette, yaitu :
  • Amankan diri anda serta semua perangkat komputer anda seperti dengan memasang anti virus atau personal firewall.
  • Jangan mudah menggunggah data pribadi anda ke dalam Internet serta harus betul-betul mengetahui bahwa alamat URL yang dituju telah dijamin keamanannya.
  • Hargai pengguna lain di dalam Internet, seperti :
- Biasakan menuliskan sumber informasi secara jelas dan lengkap jika mengcopy karya orang lain, jangan sampai termasuk kedalam tindakan plagiarisme.
- Gunakan tulisan dan bahasa yang baik dan benar, jangan sampai menyinggung orang lain.
- Hargai privasi orang lain.
- Bersikaplah bijaksana dalam menggunakan Internet, jangan memanas-manasi (flaming),  keluar dari topik pembicaraan (trolling) ataupun memasang post yang tidak berguna (junking) saat sedang dalam sebuah forum.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah kita harus bisa bersikap bijak dan tahu akan etika-etika dalam menggunakan fasilitas Internet, sehingga kita tidak akan mengganggu atau membuat masalah bagi diri kita sendiri maupun orang lain. 

Sumber                      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar